Strategi yang Digunakan Perusahaan Pada Tahap Penurunan adalah


Strategi yang digunakan perusahaan pada tahap penurunan adalah ...

A. Promosi secara gencar

B. Melakukan rabat

C. Diversifikasi produk

D. Mencari segmen pasar baru

E. Menggarap relung pasar

Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah C. Diversifikasi produk

Mengapa demikian? Sobat, untuk dapat lebih memahami mengenai pertanyaan tersebut, simaklah artikel berikut.


Pengertian Tahap Penurunan

Dalam manajemen pemasaran terdapat sebuah istilah yang bernama product life cycle. Decline stage atau tahap penurunan merupakan salah satu fase dari 4 siklus hidup produk (product life cycle) tersebut.

Secara umum dalam siklus hidup produk terdapat empat tahapan, yaitu tahap perkenalan, perkembangan, kedewasaan dan penurunan.

Produk yang termasuk kedalam tahap penurunan merupakan produk yang telah mengalami penurunan volume penjualan.

Penurunan volume penjualan tersebut merupakan indikasi dari produk yang hampir mati atau telah konsumen tinggalkan.

Hal tersebut bisa terjadi karena konsumen telah menemukan produk pengganti atau substitusi, sehingga konsumen sudah tidak memerlukan lagi jenis produk ini.

Contoh produk yang telah melewati fase penurunan dan telah mati adalah mesin ketik. Pada masa ini mesin ketik sudah sangat sulit untuk kita temukan dan tidak diproduksi lagi, karena dalam fungsinya konsumen telah menemukan produk penggantinya, yaitu perangkat komputer.


Yang Perusahaan Hadapi dalam Tahap Penurunan

Saat tahap penurunan terjadi pada suatu produk, indikasinya adalah terjadi penurunan terhadap volume penjualan.

Produk yang perusahaan produksi sudah tidak menjadi kebutuhan utama dari pasarnya lagi, karena pasar atau konsumen nya telah menemukan produk substitusi (pengganti) yang memiliki fungsi yang sama atau lebih.

Banyak perusahaan akan menyingkir dari pasar tersebut karena rendahnya tingkat pembelian konsumen. Pada sisi lainnya ada juga perusahaan yang melakukan inovasi terhadap produknya atau beralih menjual produk lain yang masih memiliki pasar.

Sehingga bisa kita katakan bahwa produk yang berada pada tahap penurunan ditandai dengan hanya ada sedikit pemain saja. Dalam artian hanya ada sedikit perusahaan yang bertahan pada pasar tersebut.


Cara Perusahaan Menghadapi Tahap Penurunan

Seperti yang telah dijelaskan pada tahap sebelumnya, beberapa perusahaan memilih untuk mundur dari pasar tersebut dengan tidak lagi memproduksi produk yang telah berada pada tahap penurunan.

Bisa kita simpulkan pada tahap ini ada dua strategi yang dapat perusahaan lakukan, yang pertama adalah menarik stok barang yang beredar atau mempertahankan penjualan dengan melakukan diversifikasi produk.

Diversifikasi produk merupakan strategi yang perusahaan lakukan dalam rangka memperbarui produknya dengan menyesuaikan value dari produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen pada masa ini.

Dengan tujuan untuk mendapatkan peningkatan penjualan, sehingga produk tersebut memiliki nilai yang membuat konsumen masih mau untuk membeli.

Contohnya adalah pada radio. Saat ini radio merupakan produk yang telah memiliki produk substitusi atau pengganti. Orang-orang dapat mendengarkan musik hanya dengan menggunakan perangkat telepon genggam mereka saja.

Bahkan hanya dengan menggunakan perangkat seluler tersebut, konsumen dapat mengakses fitur radio.

Namun ada perusahaan radio yang masih bertahan dengan masih memproduksi radio. Misalnya perusahaan dapat melakukan diversifikasi produk radio dengan cara memodifikasi tampilan radio tersebut ke bentuk yang lebih menarik seperti bentuk vintage.

Hal ini perusahaan lakukan guna menyasar para kolektor yang menyukai gaya vintage dan akan tertarik untuk membeli radio tersebut.

Hasilnya produk yang tadinya telah memiliki produk subtitusi menjadi punya keunikan tersendiri dan value yang lebih.


Pembahasan Soal

Jadi pada soal yang terdapat pada paragraf awal, strategi yang digunakan perusahaan pada tahap penurunan adalah diversifikasi produk, karena produk yang telah mengalami tahap penurunan atau decline stage membutuhkan inovasi baru untuk memancing kembali minat konsumen.

Opsi A

Pada opsi A. promosi secara gencar tidak tepat untuk dilakukan pada tahap penurunan ini. Karena meskipun melakukan promosi secara besar-besaran konsumen tidak dapat menemukan lagi nilai yang mereka butuhkan dari produk tersebut.

Alasannya tentu saja karena produk tersebut telah memiliki produk pengganti yang memiliki nilai yang sama atau lebih. Dan melakukan promosi secara gencar merupakan strategi yang seharusnya dilakukan saat produk berada pada tahap perkenalan atau perkembangan.

Opsi B

Sementara pada opsi B. melakukan rabat atau pemberian potongan harga merupakan bagian dari promosi.

Yang mana promosi bukanlah solusi utama pada perusahaan yang produknya telah berada pada tahap penurunan.

Melakukan rabat dapat perusahaan lakukan pada saat produk berada pada tahap perkembangan atau kedewasaan.

Opsi C

Pada opsi C. diversifikasi produk merupakan strategi yang perusahaan lakukan dalam rangka memperbarui produknya dengan menyesuaikan value dari produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen.

Sehingga merupakan jawaban yang paling tepat dan masuk akal dari permasalahan perusahaan terhadap produknya yang telah memasuki tahap penurunan.

Opsi D

Opsi D. mencari segmen pasar baru juga merupakan opsi yang kurang tepat, karena pada hakekatnya produk tersebut awalnya telah memiliki pasar, namun pasar nya telah berpindah ke produk lain yang menggantikan fungsi produk tersebut.

Sehingga tetap bertahan pada produk yang sama sembari mencari pasar yang bukan merupakan langkah yang tepat untuk perusahaan lakukan.

Opsi E

Begitu pula dengan opsi E. menggarap relung pasar yang memiliki makna melakukan penyempitan pada skala pasar, tidak efektif untuk perusahaan lakukan jika masih mengandalkan produk yang sama.

Demikianlah strategi yang digunakan perusahaan pada tahap penurunan adalah C. diversifikasi produk. Semoga sobat lebih dapat memahami mengenai pertanyaan tersebut, sampai jumpa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url