Berikut yang Tidak Berkaitan dengan Kegiatan Produksi dalam Teknik Manufaktur Yaitu

Berikut yang tidak berkaitan dengan kegiatan produksi dalam teknik manufaktur yaitu ...

A. Manajemen produksi

B. Pengaplikasian mesin

C. Pengolahan produk

D. Pembiayaan

E. Quality control

Jawaban dari pertanyaan ini ialah ‘A. Manajemen produksi’

Sobat untuk memahami lebih lanjut mengenai pertanyaan tersebut, simaklah artikel berikut ini.


Pengertian Teknik Manufaktur

Teknik manufaktur merupakan ilmu pada bidang teknik yang terkait dengan beragam praktik manufacturing dan riset serta peningkatan mekanisme, proses, mesin, serta peralatannya.

Secara garis besar teknik manufaktur berhubungan langsung dengan mesin yang berfungsi mengolah bahan mentah atau bahan setengah jadi menjadi produk siap pakai.


Karakteristik Teknik Manufaktur

Umumnya perusahaan yang mengadopsi teknik manufaktur melakukan segala jenis kegiatan produksi dalam skala yang besar.

Perusahaan manufaktur memiliki karakteristik sebagai berikut :

Pengaplikasian Mesin

Mesin merupakan barang yang sangat perlu dalam teknik manufaktur. Karena menciptakan mesin hanya daat dilakukan oleh perusahaan besar dan profesional saja.

Dalam product life cycle, perusahaan yang membuat mesin biasanya tidak terlalu terkena dampak dari tahap penurunan produk, karena dapat dengan sigap menciptakan mesin-mesin baru yang masih akan pasar butuhkan,

Mesin yang beroperasi pada perusahaan dengan teknik manufaktur biasanya merupakan mesin yang beroperasi untuk menghasilkan angka produksi dalam jumlah yang besar.

Adapun mesin-mesin tersebut beroperasi dengan bantuan sumber daya manusia yang profesional.

Pengolahan Produk

Proses pengolahan produk dari kegiatan yang mengadopsi teknik manufaktur adalah dengan cara mengolah bahan mentah menjadi produk lainnya.

Biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dan tenaga yang besar untuk menghasilkan produk siap pakai tersebut, setelah itu produk akan siap untuk dipasarkan.

Pembiayaan

Budgeting atau pembiayaan produksi dalam perusahaan manufaktur membutuhkan biaya yang cukup besar agar dapat memperoleh hasil produksi yang berkualitas tinggi.

Adapun penggunaan dana tersebut antara lain untuk proses pengadaan bahan baku, pembiayaan sumber daya manusia, maintenance mesin dan lain sebagainya.

Proses Produksi

Aktivitas produksi dalam usaha manufaktur pada hakekatnya memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga perlu adanya kerjasama yang baik dari tiap-tiap bidang manajemen.

Proses produksi pada perusahaan manufaktur antara lain seperti operator mesin yang bertugas untuk memastikan mesin bekerja pada performa yang baik.

Selain itu bagian quality control bertugas untuk memonitoring produk dan memastikan hasil produksi sesuai dengan standar kelayakan yang sesuai dengan permintaan pasar.

Demikianlah dari penjabaran di atas dapat kita simpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan pada paragraf awal adalah A. Manajemen produksi.

Sobat, sekian pembahasan mengenai : Berikut yang tidak berkaitan dengan kegiatan produksi dalam teknik manufaktur yaitu A. Manajemen produksi. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url