Sebutkan Macam-Macam Media Cetak Untuk Menampilkan Iklan



Sebutkan macam-macam media cetak untuk menampilkan iklan – Terdapat beragam cara untuk menampilkan suatu produk agar sampai kepada konsumen.

Selain dari penggunaan alat sales promotion yang menawarkan prosuk secara langsung kepada konsumen, beriklan pada media cetak juga merupakan strategi yang masih worth it dalam strategi pemasaran produk masa kini.

Lantas apa sajakah media cetak yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan? Sobat, untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut  silahkan simak artikel berikut ini.


Pengertian Media Cetak

Media cetak merupakan sarana untuk menyampaikan suatu informasi yang bermanfaat serta berhubungan dengan kepentingan khalayak ramai, yang penyampaiannya adalah dengan cara tersurat atau tertulis.

Pada umumnya bahan yang digunakan untuk produksi media cetak ialah media kertas, penyajian informasi pada media cetak biasanya berbentuk teks atau gambar. 

Sebelum berada pada era digital seperti saat ini, media cetak sangat memiliki peranan yang sangat besar dalam menyampaikan suatu informasi.

Sehingga pada masa itu penyampaian informasi cukup terbatas dan lambat, karena penyebaran media cetak membutuhkan waktu yang lebih lama jika kita bandingkan dengan penyebaran informasi melalui media digital.


Iklan Media Cetak

Setelah mengetahui definisi media cetak, sekarang saatnya memahami tentang iklan media cetak. Apakah yang dimaksud dengan iklan media cetak?

Iklan media cetak merupakan satu dari sekian jenis iklan yang mana penyebarannya menggunakan media cetak.

Contoh dari media cetak antara lain koran, majalah, tabloid, buku, brosur, poster, billboard, banner dan lain sebagainya.


Jenis Media Cetak Untuk Iklan

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, terdapat  beberapa jenis media cetak yang dapat kita gunakan untuk menampilkan iklan antara lain : 

Koran

Media koran atau surat kabar merupakan media yang terbit dari suatu perusahaan penerbitan, yang cetakannya berupa tinta pada kertas yang notabene merupakan bahan dasar berkualitas rendah.

Pada fungsinya koran mengangkat berita mengenai isu politik, olahraga, kriminal, cuaca dan lain sebagainya. 

Perusahaan penerbit juga menerima upah dari pihak pengiklan sebagai imbalan atas penayangan produk mereka pada koran tersebut. Jadi iklan pada koran diselipkan pada sejumlah halaman yang ada.

Majalah

Media cetak satu ini merupakan media masa yang berisi hal-hal mengenai minat pembacanya. Terdapat majalah fashion, majalah resep, majalah horor, majalah olahraga dan lain sebagainya. Majalah biasanya memiliki cetakan dengan tinta dan kertas yang berkualitas tinggi.

Majalah berisi sekumpulan artikel, cerita serta iklan dan lainnya. Majalah memiliki ukuran kertas kuarto atau folio yang kemudian menjadi satu bentuk buku. Dari segi publikasi, majalah memiliki jadwal yang rutin. Misalnya 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

Tabloid

Secara garis besar tabloid dan majalah hampir serupa, namun tabloid biasanya memiliki jumlah halaman yang lebih sedikit dibandingkan dengan majalah. Majalah bisa mencapai 200 halaman, sementara tabloid hanya berkisar 40 halaman saja.

Selain itu cetakannya berupa lembaran broadsheet paper yang kemudian berlipat seperti koran. Adapun publikasi dari tabloid memiliki jadwal yang teratur sama seperti majalah. Semisal satu minggu sekali, atau dua minggu sekali.

Buku

Media cetak buku biasanya berisi tentang cerita, ilmu, kisah dan lain sebagainya. Adapun jenis cetakannya biasanya berbentuk setengah kuarto atau setengah folio yang kemudian menjadi satu.

Brosur

Jika pada media cetak sebelum-sebelumnya konten iklan hanya berupa sisipan atau bergabung dengan konten utama, maka pada brosur iklan merupakan konten satu-satunya dan tidak bercampur dengan konten lain.

Karena brosur memang berfungsi  untuk memasarkan satu iklan saja, sehingga memiliki jumlah halaman yang cukup sedikit. 

Biasanya cukup satu lembar kertas, berisi informasi mengenai produk dalam bentuk gambar dan teks. Menggunakan  tinta dan kertas dengan kualitas tinggi dan pewarnaan yang dibuat semenarik mungkin.

Poster

Media cetak poster merupakan bentuk selebaran yang berupa desain grafis, memuat tulisan maupun gambar yang mengundang perhatian umum.

Jika pada banner memuat informasi mengenai rincian suatu produk, maka poster lebih kepada penonjolan karya seni yang diciptakan guna menarik minat konsumen terhadap produk tersebut. 

Billboard (Papan Reklame)

Sesuai namanya Billboard atau papan reklame atau juga baliho merupakan jenis media cetak yang menggunakan bahan dasar papan.

Papan tersebut biasanya berukuran sangat besar dan terdapat pada jalan-jalan raya agar terlihat oleh banyak orang. Sehingga produk yang ada pada Billboard dapat menjangkau calon konsumen dalam jumlah yang besar.

Banner (Spanduk)

Spanduk atau banner merupakan media cetak yang berbentuk kain berukuran panjang, isinya berupa logo atau slogan yang dibuat dengan warna-warna yang menarik perhatian.

Demikianlah pembahasan mengenai pertanyaan : sebutkan macam-macam media cetak untuk menampilkan iklan beserta penjelasannya. Semoga sobat dapat lebih memahaminya dan sampai jumpa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url