Promosi Dapat Menjangkau Banyak Calon Konsumen Dalam Waktu Lama Disebut Promosi Tidak Langsung



Terdapat jenis strategi promosi pemasaran langsung dan tidak langsung. Apa yang dimaksud dengan pemasaran langsung dan apa pula maksud dari pemasaran tidak langsung?

Namun dalam kesempatan kali ini edu akan menerangkan mengenai materi pemasaran tidak langsung. Sobat, berikut penjelasannya.


Defenisi Strategi Indirect Marketing

Indirect marketing atau yang kita kenali dengan pemasaran tidak langsung merupakan suatu sistem pemasaran yang memanfaatkan adanya pihak ketiga atau pihak penghubung, sehingga pemasar menjangkau konsumen dengan cara tidak langsung.


Tujuan Strategi Indirect Marketing

Ada beberapa tujuan dari strategi inderect marketing, antara lain:

Terkenalnya Suatu Merk

Suatu brand atau merk yang menggunakan strategi pemasaran tidak langsung mempunyai kesempatan untuk dapat masyarakat luas kenali.

Hal ini karena pada strategi indirect marketing atau pemasaran tidak langsung menggunakan saluran atau media tertentu yang sifatnya penyebaran atau broadcasting

Contohnya dengan pemanfaatan iklan pada laman media sosial seperti misalnya facebook, youtube atau instagram. 

Yang mana penyebaran kontennya yaitu dapat berupa tulisan, artikel, foto atau video tersebut bersifat terbuka untuk banyak orang bukan terarah pada satu orang saja.

Meskipun penyebarannya untuk banyak orang, akan tetapi pada masa kini penggunaan pemasaran digital memungkinkan iklan yang perusahaan tayangkan memiliki target sendiri.

Yang mana target tersebut merupakan orang-orang yang secara data digital berpotensi menjadi konsumen dari produk atau jasa tersebut.

Contohnya, sobat melakukan penelusuran dengan kata kunci ‘laptop murah’ pada mesin pencari google. Maka data digital akan merekamnya bahwa sobat sedang tertarik, mencari atau membutuhkan laptop.

Sehingga sobat akan terdata sebagai konsumen produk laptop. Jadi tak heran bila banyak bermunculan iklan laptop dari berbagai platform pada laman media sosial sobat.

Dengan cara yang sama pemasar laptop seperti misalnya pada brand asus, Dell, HP, iMac dan sebagainya yang mengiklankan produk mereka tentunya akan muncul pada perangkat orang-orang yang memang terdata sebagai konsumen targetnya.

Hal inilah yang membuat jenis pemasaran tidak langsung ini berimbas pada terkenalnya suatu merk.

Image yang Baik

Tujuan selanjutnya ialah memberikan gambaran kepada konsumen tentang kelebihan produk yang perusahaan promosikan.

Iklan yang baik tentunya akan mampu meyakinkan target pasar bahwa brand tersebut layak untuk mereka dapatkan.

Terutama jika produk tersebut terus-menerus muncul pada perangkat mereka, konsumen akan mulai berpikir bahwa produk ini merupakan produk yang sangat terkenal dan bernilai.

Menciptakan Konsumen Setia

Kemudian setelah berhasil menciptakan image yang baik. Produk yang telah bertahan pada pasarnya, pada tahapan tertentu akan menciptakan konsumen yang loyal. Tentunya dengan mempertahankan promosi dan kualitas produk itu sendiri.


Kelebihan Indirect Marketing

Terdapat beberapa kelebihan dari strategi indirect marketing, antara lain:

Pemasaran yang Meluas

Karena jenis pemasaran tidak langsung ini sifatnya terbuka ke khalayak ramai, tentu akan mengakibatkan luasnya pasar yang perusahaan dapatkan.

Karena konten atau iklan yang perusahaan tampilkan, akan bisa konsumen atau calon konsumen akses dengan mudahnya.

Mendapat Kesetiaan Konsumen

Konsumen yang awalnya menyukai suatu produk yang ia temukan lewat media sosial, kemudian bisa jadi melakukan pemesanan. Dari sini keputusan akan sangat bergantung kepada proses pembelian dan kualitas produk.

Apabila konsumen pada saat membeli merasa terlayani dengan baik, kemudian produk yang mereka dapatkan senilai dengan apa yang mereka harapkan, tentunya konsumen akan dengan senang hati menunggu penawaran berikutnya.

Kemudahan Meraup Konsumen Baru

Dari tujuan indirect marketing sebelumnya yaitu terkenalnya suatu brand, tentunya meraup konsumen baru bukan hal yang sulit.

Karena produk yang sudah pasar kenal secara luas, akan terus memancing generasi konsumen yang baru selagi perusahaan mampu mempertahankan eksistensi produk atau jasanya.


Kekurangan Indirect Marketing

Selain dari kelebihan strategi indirect marketing juga memiliki sejumlah kekurangan, antara lain:

Budget yang Mahal

Biasanya untuk dapat memperoleh hasil yang baik dan pasar yang luas, perusahaan harus mampu merogoh kocek yang tak sedikit dalam membiayai iklan produk mereka.

Sehingga hal ini menjadi suatu kekurangan dari jenis pemasaran ini, terutama untuk bisnis pemula yang masih memiliki keterbatasan dalam dana promosi.

Kesulitan Meyakinkan Konsumen

Ada kemungkinan perusahaan akan lebih sulit meyakinkan konsumen akan kualitas dari produk yang mereka miliki, karena konsumen tidak datang dan menyentuh langsung produk tersebut.

Misalnya pada produk parfum, konsumen akan kesulitan untuk mengetahui kualitas aroma parfum tersebut jika hanya terbatas pada video atau foto saja.

Karena untuk membeli parfum biasanya konsumen harus mencoba menghirup aromanya terlebih dahulu, untuk memastikan apakah parfum tersebut sesuai dengan selera mereka atau tidak.

Namun saat ini hanya bermodalkan deskripsi atau copywriting yang tepat saja sudah dapat menarik minat konsumen tanpa menyentuh langsung produk tersebut. Tentu saja untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kemampuan pemasaran yang kretif dan inovatif.

Mengundang Penipuan

Produk yang tersebar luas namanya tentu tak luput dari target kejahatan para penipu. Terutama karena proses jual beli tidak berjalan secara tatap muka atau langsung.

Dalam hal ini perusahaan perlu sangat teliti dan berhati-hati. Serta memiliki sistem yang mengantisipasi tindak kejahatan tersebut.

Contoh kasus yang sering terjadi adalah penipu mengirim bukti transfer palsu yang telah ia edit sedemikian rupa, yang seolah-olah telah mentransfer sejumlah uang untuk suatu produk.

Kebanjiran pesanan bisa saja membuat beberapa seller luput mengecek dan mempercayainya saja. Namun seller yang baik haruslah teliti mengecek ke rekeningnya apakah telah menerima uang tersebut atau tidak.

Jadi, promosi dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu lama disebut promosi tidak langsung dan jenis promosi tersebut memiliki kekurangan serta kelebihan. Semoga sobat dapat memahami, sampai jumpa pada artikel lainnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url