Manajemen Pemasaran Digital : Jenis, Kelebihan dan Strateginya

Manajemen Pemasaran Digital
Manajemen pemasaran digital merupakan wajah pemasaran yang sangat familiar dan sangat dekat dengan kita pada masa sekarang ini.

Hal ini karena adanya kemajuan tekhnologi dalam kehidupan sehari-hari kita. Sehingga tentunya manajemen pemasaranpun tak luput dari perubahan agar selalu bisa menyentuh target pasarnya.

Lantas seperti apakah manajemen pemasaran digital itu? Silahkan sobat simak artikel berikut ini.


Pengertian Manajemen Pemasaran Digital

Manajemen Pemasaran digital merupakan sebuah aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan segala sumber daya digital atau berbasis online.

Tujuan dari pemasaran digital ialah guna mengundang perhatian calon konsumen dengan cara yang efisien.

Perusahaan memilih untuk menggunakan pemasaran digital dalam rangka memasarkan produk mereka, karena masyarakat pada era globalisasi ini hidup dengan sangat bergantung pada perangkat digital yang mereka miliki.

Sehingga sangat mudah untuk menyentuh konsumen hanya dengan memanfaatkan sistem digital. Namun kemudahan perusahaan dalam mempromosikan produknya melalui media digital ini berimbas pada tingginya kompetisi produk atau jasa pada pasar yang sama.


Kelebihan Manajemen Pemasaran Digital

Adapun kelebihan menggunakan manajemen pemasaran digital dibandingkan konvensional, antara lain:

Penyebaran Informasi yang Cepat

Cepatnya penyebaran informasi merupakan salah satu kelebihan dari pemanfaatan pemasaran digital. Bahkan dalam waktu hitungan detik setelah perusahaan menerbitkan suatu konten pemasaran mengenai produknya, maka konsumen akan dengan mudah dapat langsung mengaksesnya. 

Atau misalnya pada manajemen pemasaran pelayanan kesehatan suatu daerah, yang mana akan sangat mudah memberikan informasi yang masyarakat butuhkan seperti vaksin dan lain sebagainya hanya dengan memanfaatkan media sosial.

Luasnya Jangkauan 

Menggunakan media digital dalam memasarkan produk, memudahkan perusahaan dalam menyebarkan informasi mengenai produk. Tak hanya cepat, namun juga informasi yang perusahaan sebarkan tak lagi terbatas oleh tempat. 

Efektif dan Efisien

Meskipun informasi yang perusahaan sebarkan menjangkau seluruh pelosok negeri, tapi tentunya harga yang perusahaan keluarkan sangatlah rendah jika kita bandingkan dengan pemasaran konvensional.

Bayangkan jika harus menyebarkan selebaran promo ke seluruh penjuru negeri, tentunya ini sangat membuang tenaga biaya dan waktu. Sehingga jika menggunakan langkah konvensional tentunya sangat tidak efektif dan efisien. Berbeda dengan jika memanfaatkan pemasaran digital.

Memudahkan Evaluasi

Selain dari manfaat sebelumnya, pemanfaatan pemasaran digital akan memberikan respon yang sangat cepat akan konten pemasaran yang perusahaan terbitkan.

Dengan memanfaatkan sarana pemasaran digital, informasi mengenai keluhan konsumen atau fitur yang konsumen sukai, sampai berapa banyak jumlah klik suka atau jumlah yang menonton tayangan mengenai produk tersebut akan langsung perusahaan dapatkan dalam bentuk data.

Sehingga dapat memudahkan mengevaluasi, mana konten atau iklan yang buruk dan yang konsumen sukai.


Jenis-Jenis Pemasaran digital

Pemasaran digital pada umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Push Pemasaran digital

Pada jenis ini, perusahaan memasarkan produk atau jasa dengan memberikan informasi mengenai produk atau jasa kepada konsumen tanpa adanya keinginan dari pihak konsumen.

Dalam hal ini konsumen berperan pasif, sehingga hanya terjadi promosi satu arah dari pemasar saja tanpa adanya kesepakatan atau keingintahuan konsumen pada awalnya.

Yangmana perusahaan mengharapkan pada akhirnya setelah melakukan promosi tersebut, konsumen akan mulai menaruh perhatian dan tertarik untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Contoh strategi pemasaran yang termasuk kedalam jenis pemasaran digital ini antara lain, iklan website, email promosi, sms promo dan lain sebagainya.

Kelebihan pemasaran digital jenis ini ialah target yang terfokus, karena targetnya telah perusahaan tentukan atau pilih berdasarkan data interest atau ketertarikan mereka. Selain itu promo dapat berjalan dalam waktu tertentu secara berskala atau terus menerus.

Sedangkan kekurangannya antara lain ialah budget iklan menggunakan jasa pihak ke tiga yang cukup mahal. 

Pull Pemasaran digital

Lain halnya dengan jenis pemasaran digital yang sebelumnya, pull DM merupakan jenis dimana konsumen tidak pasif dalam menemukan informasi melainkan aktif. 

Dalam arti kata konsumen merupakan pihak yang meminta atau menggali informasi seputar produk atau jasa yang mereka ingingkan.

Kelebihannya adalah banyaknya konten yang akan konsumen dapatkan dari penelusuran pada mesin pencari mengenai produk tersebut. Dan perusahaan tidak harus menghabiskan budget untuk itu.

Kekurangannya adalah adanya kemungkinan konsumen kesulitan menemukan produk atau jasa tersebut, atau kemungkinan konten bercampur dengan konten lain.


Strategi Pemasaran Digital 

Ada beberapa strategi yang bisa sobat lakukan dalam memasarkan produk melalui media digital, antara lain:

Konten Pemasaran

Perusahaan dapat membuat konten mengenai produk dengan memanfaatkan berbagai media online, salah satunya media sosial. 

Perusahaan juga dapat membuat artikel mengenai suatu produk seperti fungsinya kelebihan atau informasi lainnya terkait suatu produk merupakan strategi yang dapat perusahaan lakukan dalam menarik minat pembaca untuk melakukan pembelian terhadap produk atau jasa. 

Brand Ambasador

Pada strategi ini perusahaan biasanya menggunakan jasa endorsement atau menumpang promo dari seseorang yang memiliki dampak besar dan telah memiliki audiencenya sendiri. Contohnya seorang artis yang telah memiliki banyak penggemar sebagai brand ambassador atau duta produknya.

Dengan begitu audience yang seorang artis tersebut miliki akan terpengaruh untuk membeli produk yang artis tersebut sarankan.

Sehingga perusahaan harus benar-benar menentukan influencer atau artis mana yang memiliki audience yang sesuai dengan pangsa pasar dari produk yang perusahaan tersebut targetkan.

Search Engine Optimization (SEO)

Pada saat sobat melakukan penelusuran misalnya pada mesin pencarian google, maka sobat akan menemukan sejumlah artikel terkait dengan penelusuran sobat. Artikel-artikel yang muncul tersebut muncul berurutan berdasarkan peringkat mereka pada mesin pencarian google tersebut.

Dalam mengejar peringkat yang tinggi agar artikelnya berada pada halaman awal pencarian, maka para publisher atau penulis artikel tersebut dapat menggunakan tekhnik publikasi artikel yang bernama SEO. Sesuai namanya SEO atau search engine optimization berarti optimasi mesin pencarian.

Dalam tekhnik SEO terdapat dua jenis. Yaitu On Page dan Off Page. On page berarti optimasi terhadap laman web itu sendiri. Sementara Off page merupakan optimasi dengan bantuan web lain seperti halnya endorsement guna meningkatkan kredibilitas web tersebut.

Beberapa perusahaan pada masa kini mulai mempekerjakan orang-orang yang menangani SEO misalnya untuk website perusahaan mereka. Misalnya Copywriter, Content Writer dan lain sebagainya.

Pay per click (PPC)

Pada PPC publisher mengarahkan pembaca ke halaman websitenya yang kemudian mendapatkan komisi dari setiap klik yang ia dapatkan.

Contoh metode PPC yang sering kita temukan adalah Facebook Ads, Google Adwords dan lain sebagainya.

Cara kerjanya ialah dengan kita mengeluarkan sejumlah biaya pada awal mula guna mendapatkan posisi yang tinggi pada mesin pencarian. Agar kita bisa mendapatkan keuntungan dari banyaknya jumlah pembaca yang masuk ke laman website kita.


Demikianlah penjelasan mengenai materi manajemen pemasaran digital. Semoga sobat dapat mengambil manafaat dan lebih mengenai materi tersebut. Sekian terimakasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url